Teknik Menyederhanakan URL atau Permalink pada Tiap Postingan Blog

Pada dasarnya permalink sebuah postingan blog mengacu kepada judul Artikel yang kita buat. dengan format dasar yaitu dengan penyederhanaan tertentu. format dasar tersebut mengacu pada 3 hal yaitu:
1. URL Blog atau website kita
2. Tanggal penulisan artikel (biasanya dalam bentuk bulan dan tahun)
3. Judul Artikel yang kita buat dan diakhiri dengan (.html)

Sebagai contoh saya membuat sebuah Artikel yang berjudul "Teknik Pemasaran Ikan Asin", ditulis pada tanggal 02 Januari 2010 dan URL blog yang saya gunakan adalah "http://teknikpemasaran.blogspot.com" maka secara otomatis akan di kalkulasi oleh blog dengan format seperti ini (http://teknikpemasaran.blogspot.com/2010/01/teknik-pemasaran-ikan-asin.html)

Keterangan
1. Warna Merah adalah URL Blog yang saya gunakan
2. Warna Kuning adalah Tahun penulisan Artikel
3. Warna Light Green adalah Bulan penulisan Artikel
4. Warna Biru adalah Judul Artikel yang saya buat
5. Warna Ungu adalah html 

Apabila ada Sahabat yang kurang begitu faham apa itu arti html silahkan cari di Wikipedia. Dan akan sedikit saya jelaskan disini pengertian  html. HTML( HyperText Markup Language) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). itulah sedikit ulasan yang saya ambil dari Wikipedia. 

sekarang saatnya kita kembali ke topik permasalahan yang kita bahas, yaitu "Teknik Penyederhanaan permalink". 

 Sebenarnya sahabat, penyederhanaan ini sudah tidak perlu dilakukan apabila kita menggunakan kalkulasi html secara otomatis atau dengan kata lain Automatic Permalink, letaknya di sebelah kanan.
untuk lebih jelasnya bandingkan ke tiga gambar dibawah!
Automatic Permalink
Note : "Sebuah permalink, atau permanen link, adalah URL yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip. Karena Permalink tetap tidak berubah tanpa batas waktu, itu kurang rentan terhadap link membusuk. Weblogging paling modern dan konten-sistem perangkat lunak sindikasi mendukung link tersebut. Jenis website lain menggunakan istilah link permanen, tetapi istilah permalink yang paling umum dalam blogosphere. Permalink adalah kata portmanteau terbuat dari link permanen. Permalinks sering hanya dinyatakan sehingga dapat terbaca-manusia"
Selanjutnya bandingkan dengan gambar yang ini:
Custom Permalink
terakhir lihat gambar yang ini!
Hasil Penyederhanaan Permalink

Penjelasan
Pertama
Saya membuat Artikel ini dengan Judul "Teknik Menyederhanakan URL atau Permalink pada Tiap Postingan Blog" sebuah judul artikel yang sangat panjang, tetapi saya sederhanakan menjadi "http://inspiratif-pbo.blogspot.com/2013/03/teknik-penyederhanaan-permalink.html". dan pada saat Saya mengambil gambar saya menulis "teknik-penyederhanaan-html" pada Custom Permalink (Lihat Gambar 2 !)
Kedua
Cara untuk menyederhanakan permalink sangatlah mudah, ikuti petunjuknya dibawah!
1. Tulis sebuah judul blog (terserah sahabat)
2. Klik tombol Permalink di kanan postingan kita
3. pilih Custom permalink (note : Custom Permalink harus mewakili judul yang kita buat)
4. Pilih Done
 Gampang dan mudah untuk dipraktekan, bagi para Newbie silahkan ikuti petunjuknya dan untuk profesional mohon masukannya agar artikel saya lebih bermanfaat. 

Salam BloggerRZ

1 comments:

Saya mau tanya gan.
kenapa link blog saya berubah sendiri.mula2 link blog saya seperti ini.
http://softpebia.blogspot.com/2013/05/download-angry-bird-220-full-version.html

Namun setelah beberapa saat berubah spt ini
http://softpebia.blogspot.com/2013/05/download-angry-bird-220-full-version.html#.Ue3yGqwynHg
Ada embel2 ( #.Ue3yGqwynHg) di belakang html

tolong bantu ane ya gan..!!

Reply

Post a Comment

Blog yang berisi informasi sebagai inspirasi anda

CodeNirvana
Newer Posts Older Posts
© Copyright Info Dunia Published.. Blogger Templates
Back To Top